Loading..
  • Home
  • News
  • SOSIALISASI KEPANGKATAN PENSIUN DAN TASPEN

21/11/2018 16:06

SOSIALISASI KEPANGKATAN PENSIUN DAN TASPEN

SOSIALISASI KEPANGKATAN PENSIUN DAN TASPEN

Samarinda, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Samarinda (BKPPD) pada hari rabu tanggal 21 November 2018 mengadakan sosialisasi kepada perwakilan ASN tiap - tiap OPD mengenai Kepangkatan, Pensiun dan Taspen, acara sosialisasi diadakan di gedung balaikota samarinda lantai 2 ruang rapat Wakil Walikota Samarinda.

 

Suasana Sosialisasi Kepangkatan.

 Acara dibuka oleh Sekretaris BKPPD Bapak Nurhikmah, SP sekaligus mewakili Sekretaris Daerah dan Kepala BKPPD Kota Samarinda yang berhalangan untuk hadir. Dalam Sambutannya Sekretaris BKPPD Bapak Nurhikmah, SP mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan bertujuan, menyamakan persepsi dan pemahaman pejabat kepegawaian, sehingga mengurangi kesalahan dalam pengusulan kenaikan pangkat dan dapat berjalan tepat waktu. Turut hadir juga Kepala Bidang Pengembangan Aparatur Drs. Fajriansyah, M.Psi dan Kepala Bidang Mutasi Dra. Hj. Deni Korianti.

 

Sekretaris BKPPD Bapak Nurhikmah, SP memberikan sambutan sekaligus membuka acara.

setelah acara dibuka, acara kemudian dilanjutkan pada sosialisasi pertama mengenai Pensiun yang di sampaikan oleh Bapak M. Darda Shopyan S.Sos, M.AP (Kasi Pensiun PNS Instansi kab/kota BKN Regional VIII Banjarmasin), beliau memberikan penyampaian materi yang sangat menarik perhatian dan minat dari para peserta sosialisasi hingga akhir kegiatan sosialisasi, misalnya seperti hak-hak apa saja yang akan diterima PNS setelah pensiun, dan kategori apa saja yang tidak berhak memperoleh pensiun, hingga contoh perhitungan perolehan pensiun beserta penjelasan lebih lanjut mengenai beberapa hak kepegawaian yang diterima PNS saat pensiun.

 

Bapak M. Darda Shopyan S.Sos, M.AP menyampaikan materi mengenai pensiun

setelah penyampaian materi oleh Bapak M. Darda Shopyan S.Sos, M.AP mengenai pensiun acara dilanjutkan kembali dengan pemberian materi oleh pihak Taspen dengan pembicara Bapak Meachell Chimyria selaku Fasilitator pada PT. Taspen, beliau memberitahukan kepada para PNS yang memasuki masa pensiun supaya memahami hak dan kewajiban sebagai peserta Taspen, serta lebih menambah wawasan mengenai lembaga keuangan yang menangani PNS yang sudah pensiun. Untuk itu kepada pegawai yang melakukan pengelolaan kepegawaian supaya membantu serta memberikan informasi kepada PNS dan Instansi masing-masing, utamanya bagi PNS yang memasuki masa purna bhakti atau pensiun , sehingga nantinya, mereka mendapatkan informasi yang akurat tentang proses pencairan dana pensiun, gaji para pensiun, dan hal yang berkaitan dengan Taspen.

 

Perwakilan dari Taspen memberikan penjelasan.

setelah penyampaian dari Taspen selesai acara kembali dilanjutkan dengan penjelasan mengenai Aplikasi Pengukuran Indeks Profesionalitas  PNS yang disampaikan oleh Bapak Dody Romansyah Kang, S.kom (Kepala Sub Bidang Data dan Informasi BKPPD Kota Samarinda). beliau menjelaskan bahwa aplikasi ini adalah sebagai survey untuk mengukur indeks profesionalitas PNS yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Samarinda, hasil dari aplikasi ini berupa rekomendasi yang dapat dilihat oleh pejabat yang bersangkutan sebagai masukan untuk perbaikan kinerja PNS kedepannya.

 

Bapak Dody Romansyah Kang, S.kom memberikan penjelasan mengenai aplikasi pengukuran indeks profesionalitas.

acara kemudian dilanjutkan pada sesi terakhir yaitu mengenai kepangkatan pegawai yang disampaikan oleh perwakilan BKN regional Banjarmasin Ibu Nurita Iriani SH,MH Kasi mutasi instansi kab/kota pada Kantor Regional VIII BKN

 

Ibu Nurita Iriani SH,MH memberikan penjelasan mengenai proses kepangkatan PNS.

Ibu Nurita Iriani SH,MH menjelaskan bahwa dalam proses kenaikan pangkat banyak prosedur yang harus dilewati sehingga beliau berharap setiap PNS mampu memahami bagaimana prosedur dan tata cara penilaian angka kredit yang benar, sehingga mampu meminimalisir kesalahan, agar pada saat usulan kenaikan pangkat PNS bersangkutan dapat diproses cepat dan tepat waktu.

Setelah sesi terakhir acara kemudian diakhiri pada pukul 15.30 WITA. (Rakhmat.D)

  • Share on: