Loading..
  • Home
  • News
  • RAKOR PEJABAT FUNGSIONAL DINAS PERTANIAN

26/09/2017 15:10

RAKOR PEJABAT FUNGSIONAL DINAS PERTANIAN

RAKOR PEJABAT FUNGSIONAL DINAS PERTANIAN

”Sesibuk-sibuknya kerja di lapangan, pejabat fungsional harus tetap memperhatikan administrasi kedinasannya.”

Kalimat tersebut disampaikan Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPPD ) Kota Samarinda pada acara pembukaan Rapat Koordinasi Penilaian Angka Kredit untuk Penyuluh Pertanian, Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan dan Pengawas Mutu Hasil Pertanian di Lingkungan Pemerintah Kota Samarinda.

Acara dimaksud dilaksanakan pada hari Senin, 25 September 2017 kemarin.  Peserta yang hadir sebanyak 49 orang Penyuluh Pertanian, 2 orang Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan dan 1 orang Pengawas Mutu Hasil Pertanian; disamping pegawai dan pejabat di lingkungan BKPPD dan Dinas Pertanian Kota Samarinda.

 

Tampak Kepala BKPPD memberikan sambutan kepada peserta acara

 

Adapun narasumber yang hadir adalah Ir. Siti Nurjanah, M.Ma dan Susi Deliana Siregar, SP dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian – Kementerian Pertanian, Jakarta.

Senada apa yang disampaikan oleh Drs. H. Arliansyah, M.Si Kepala BKPPD, Ir. Siti Nurjanah, M.Ma pada saat pemaparan materi pun menyampaikan, bahwa pejabat fungsional tidak boleh mengabaikan administrasi.  Karena administrasi yang terabaikan akan berakibat pada kerugian yang bersangkutan.  Contohnya, setiap kali melakukan penyuluhan, mengikuti seminar, atau hal lainnya, bukti-bukti aktifitas harus disimpan dan dicatat rapi.  Karena bukti ini yang akan diajukan dalam penilaian angka kredit.  Apabila hal ini diabaikan, maka hak-hak yang mestinya diperoleh, dapat hilang begitu saja. Misalnya kenaikan jenjang, kenaikan pangkat, bahkan tunjangan jabatan.

 

suasana acara rakor yang interaktif

 

Acara rakor berjalan dengan meriah, karena narasumber yang sangat aktif berkomunikasi; menyampaikan aturan, bercerita tentang pengalaman beliau sebagai penyuluh dan tim penilai angka kredit, ditambah guyonan yang segar.  Para peserta pun dapat bertanya dan berdiskusi tentang pengalaman dan permasalahan yang selama ini menjadi kendala bagi mereka.

Acara yang dilaksanakan berkat kerjasama  BKPPD dan Dinas Pertanian Kota Samarinda ini, diharapkan menjadi momen keharmonisan dalam pembinaan jabatan fungsional lingkup Dinas Pertanian.

  • Share on: