Loading..
  • Home
  • News
  • Kesempatan untuk Perempuan Sudah Banyak

19/03/2015 08:39

Kesempatan untuk Perempuan Sudah Banyak

Kesempatan untuk Perempuan Sudah Banyak

** Jaang : Harus Diikuti Kesiapan SDM dan Mental

BKD Kota Samarinda (19/03/2015) - Walikota Samarinda Syaharie Jaang mengemukakan, pemerintah begitu luar biasa memberikan kesempatan kepada perempuan dalam berpolitik hingga membuat aturan tegas dalam UU Pemilu dan juga tentang Partai Politk dengan mengatur keterwakilan kaum hawa ini.

“Luar biasa kesempatan diberikan kepada perempuan. Bahkan parpol bisa dikenakan penalti dalam pengurutan daftar caleg, apalagi sampai tidak ada perempuan. Amanah UU ini harus dijawab oleh kaum perempuan, Jadi sekarang tinggal bagaimana persiapan SDM dan mental yang harus dijawab para kaum perempuan. Jangan hanya sifatnya melengkapi kuota atau persyaratan,” ucap Jaang dalam sambutannya ketika membuka Penyuluhan Dalam Rangka Pendidikan Politik bagi Anggota Partai Politik dan Ormas Perempuan garapan Badan Kesbangpol di aula Rumah Jabatan Walikota, Selasa (17/8).

Menurut Jaang ada pula kaum perempuan dari segi akademisi mumpuni, namun tidak didukung kesiapan mental. “Jadi pentingnya pendidikan politik dari sekarang. Jangan menunggu nanti-nanti. Dengan adanya keterwakilan perempuan di parlemen, bisa menyuarakan banyak kepentingan perempuan,” tandasnya.

“Banyak sudah kesempatan diberikan dari pemerintah dengan regulasi yang ada. Jadi tinggal kesempatan itu diambil. Ini istri yang jadi caleg, yang sosialisasi habis-habisan suaminya. Berikan kesempatan isteri,” ucapnya lagi.

Jaang juga meminta kepada para suami untuk memberikan kesempatan kepada istrinya. Dan terhadap wanita karir spaya tanggung jawab rumah tidak dikesampingkan. “Istri saya kalau saya larang keluar sehari bisa demam,” imbuhnya.

Ia mengutarakan pula kesempatan jabatan bagi kaum perempuan sudah diterapkan di pemerintahannya.”Pejabat eselon II juga ada beberapa perempuan. Begitu juga camat perempuan dan lurah perempuan,” beber Jaang.

Kepala Kesbangpol Samarinda Erham Yusuf menambahkan, penyuluhan dengan menghadirkan narasumber dari Akademisi, Badan Kesbangpol Propinsi Kaltim, Panwaslu Kaltim dan KPU Samarinda ini, untuk memberikan pemahaman dan kesadaran akan hak dan kewajiban perempuan dalam kehidupan berpolitik.

“Tujuannya meningkatkan kesadaran berpolitik dalam penyelengaraan Pemilu dan meningkatkan representasi perempuan di panggung politik,” pungkasnya.(***)

Sumber : Hms (Pemkot Samarinda)

  • Share on: