Loading..
  • Home
  • News
  • Kementerian PUPR Perkenalkan Aplikasi untuk Permudah ASN Miliki Rumah

02/11/2018 10:45

Kementerian PUPR Perkenalkan Aplikasi untuk Permudah ASN Miliki Rumah

Kementerian PUPR Perkenalkan Aplikasi untuk Permudah ASN Miliki Rumah

Kabar gembira bagi Aparatur Sipil Negara lingkup Pemerintah Kota Samarinda yang belum memiliki rumah layak huni. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia memperkenalkan aplikasi Klinik Rumah Indonesia (RUMI) untuk memudahkan ASN memdapatkan rumah layak huni.

Salah satu penanggung jawab RUMI untuk wilayah Pemerintah Kota Samarinda, Drs. M. Fitriansyah mengatakan, aplikasi tersebut dapat diunduh melalui telepon genggam versi Android. Selanjutnya, pemohon mengisi format yang tertera pada aplikasi tersebut.

“Untuk dapatkan bantuan perumahan, masyarakat sipil dan ASN atau TNI/Polri sudah tidak susah-susah ajukan proposal. Cukup dengan cara men-download aplikasi Klinik Rumah Indonesia, kemudian mengisi data dalam format yang tersedia. Data yang diisi itu kemudian disimpan dan secara otomatis akan tersimpan di server Kementerian PUPR,” kata Fitriansyah.

"Data yang diinput akan dijamin keamanannya oleh pihak Kementerian PUPR, sehingga ASN atau Non ASN yang menginput data tidak perlu khawatir dengan masalah keamanan data" tambah Fitriansyah.

Fitriansyah menjelaskan, data yang telah tersimpan akan dipakai dalam perencanaan dan diklasifikasikan berdasarkan wilayah. Untuk data nasional akan diambil oleh Kementerian PUPR, begitu pula dengan data dari provinsi dan kabupaten/kota, akan diberikan kepada gubernur dan bupati/wali kota, untuk perencanaan realisasinya.

Hingga saat ini terpantau sudah lebih dati 775 ASN di Lingkungan Pemerintah Kota Samarinda yang mendaftarkan diri pada aplikasi RUMI.

"Kedepannya semoga semakin banyak ASN yang ikut mendaftarkan data diri ke aplikasi agar program ini dapat berjalan dengan baik" ucap Fitriansyah.

untuk menggunakan aplikasi RUMI, Pengguna dapat mendownload aplikasi di google playstore dengan keyword "RUMI" oleh Klinik Rumah Indonesia

untuk lebih jelasnya bisa dilihat tutorial dibawah ini :

 

 

  • Share on: